PENGERTIAN DAN KARAKTERISTIK KELOMPOK
Pengertian Kelompok
Menurut para ahli:
1.Menurut Homans (1950) : kelompok adalah sejumlah
individu berkomunikasi satu dengan yang lain dalam jangka waktu tertentu yang
jumlahnya tidak terlalu banyak, sehingga tiap orang dapat berkomunikasi dengan
semua anggota secara langsung.
2.Menurut Merton, kelompok merupakan sekelompok orang
yang saling berinteraksi sesuai dengan pola yang telah mapan, sedangkan
kolektiva merupakan orang yang mempunyai rasa solidaritas karena berbagai niai
bersama dan yang telah memiliki rasa kewajiban moral untuk menjalankan harapan
peran.
3.Menurut Achmad S. Ruky, Kelompok adalah sejumlah
orang yang berhubungan (berinteraksi) antara satu dan yang lainnya, yang secara
psikologis sadar akan kehadiran yang lain dan yang menganggap diri mereka
sebagai suatu kelompok.
Karakteristik kelompok
-Terdiri dari dua orang atau lebih dalam interaksi
sosial baik secara verbalmaupun non verbal.
-Anggota kelompok harus mempunyai pengaruh satu sama
lain supaya dapat menjadi anggota suatu kelompok
-Mempunyai struktur hubungan yang stabil sehingga
dapat menjaga anggota
-Kelompok secara bersama dan berfungsi sebagai suatu
unit.
-Anggota
kelompok adalah orang yang mempunyai tujuan atau minat yang sama.
-Individu
yang tergabung dalam kelompok, saling mengenal satu sama lain
-serta
dapat membedakan orang-orang yang bukan anggota kelompoknya.
TAHAPAN PEMBENTUKAN KELOMPOK
Model pembentukan suatu kelompok pertama kali diajukan
oleh Bruce Tuckman (1965). Teori ini dikenal sebagai salah satu teori
pembentukan kelompok yang terbaik dan menghasilkan banyak ide-ide lain setelah
kosep ini dicetuskan.
· Tahap
1 – Forming
· Pada
tahap ini kelompok baru saja dibentuk dan diberikan tugas. Anggota kelompok
cenderung untuk bekerja sendiri dan walaupun memiliki itikad baik namun mereka
belum saling mengenal dan belum saling percaya.
· Tahap
2 – Storming
· Kelompok
mulai mengembangkan ide-ide berhubungan dengan tugas-tugas yang mereka hadapi.
Mereka membahas isu-isu semacam masalah yang harus mereka selesaikan. Anggota
kelompok saling terbuka dan mengkonfrontasi ide-ide dan perspektif mereka
masing-masing. Pada beberapa kasus, tahap storming cepat selesai. Namun ada
pula yang mandenk pada tahap ini.
· Tahap
3 – Norming
· Terdapat
kesepakatan dan konsensus antara anggota kelompok. Peranan dan tanggung jawab
telah jelas. Anggota kelompok mulai dapat mempercayai satu sama lain seiring
dengan mereka melihat kontribusi masing-masing anggota untuk kelompok.
· Tahap
4 – Performing
· Kelompok
dalam tahap ini dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lancar dan efektif tanpa
ada konflik yang tidak perlu dan supervisi eksternal. Anggota kelompok saling
bergantung satu sama lainnya dan mereka saling respect dalam berkomunikasi.
· Tahap
5 – Adjourning dan Transforming
· Tahap
dimana proyek berakhir dan kelompok membubarkan diri. Kelompok bisa saja
kembali pada tahap mana pun ketika mereka mengalami perubahan.
KEKUATAN TEAM WORK
Teamwork atau kerjasama tim merupakan bentuk kerja
kelompok yang bertujuan untuk mencapai target yang sudah disepakati sebelumnya.
Harus disadari bahwa teamwork merupakan peleburan berbagai pribadi yang
menjadi satu pribadi untuk mencpai tujuan bersama. Tujuan tersebut bukanlah
tujuan pribadi, bukan tujuan ketua tim, bukan pula tujuan dari pribadi paling
populer di tim. Dalam sebuah tim yang dibutuhkan adalah kemauan untuk
saling bergandeng-tangan menyelesaikan pekerjaan. Saling mengerti dan mendukung
satu sama lain merupakan kunci kesuksesan dari teamwork. Meskipun terjadi
perselisihan antar pribadi, namun dalam tim harus segera menyingkirkannya
terlebih dahulu. Bila tidak kehidupan dalam tim jelas akan terganggu. Bahkan
dalam satu tim bisa jadi berasal dari latar belakang divisi yang berbeda yang
terkadang menyimpan pula perselisihan. Makanya sangat penting untuk menyadari
bahwa kebersamaan sebagai anggota tim di atas segalanya. Teamwork mutlak
dilakukan untuk mewujudkan hasil optimal. Segala kekurangan dan kelebihan
para individu dapat saling menunjang dalam pencapaian sasaran dengan rasa
tanggung jawab. Keselarasan, kesinambungan yang diharapkan oleh setiap anggota
dalam pemberian sepenuhnya dari apa yang dimiliki, dari pemikiran-pemikiran
yang positif dan saran-saran yang masuk akal.
Berikut poin-poin teamwork yang baik :
· Teamwork
adalah kerjasama dalam tim yang biasanya dibentuk dari beragam
divisi dan kepentingan.
· Sama-sama
bekerja bukanlah teamwork, itu adalah kerja individual.
· Filosofi
teamwork: ‘saya mengerjakan apa yang Anda tidak bisa dan Anda
mengerjakan apa yang saya tidak bisa.
· Ketika
berada dalam teamwork, segala ego pribadi, sektoral, departemen
harus disingkirkan.
· Dalam
teamwork yang dikejar untuk dicapai adalah target bersama, bukan
individual.
· Keragaman
individu dalam teamwork memang sebuah nilai plus namun
bisa menjadi minus jika tidak ada saling pengertian.
· Saling
pengertian terhadap karakter masing-masing anggota team akan
menjadi modal sukses bersama.
· Jika
setiap orang bekerjasama via bidang masing-masing, target korporasi
pasti akan segera terealisasi.
· Individu
yang egois mengejar target pribadi akan menghambat keberhasilan
team. Bayangkan jika si A mengejar target A & si B
mengejar target B, lalu target bersama bermuara kemana?
· Keahlian
masing-masing sungguh menjadi anugerah dalam teamwork yang
akan mempercepat proses pencapaian target.
· Ingatlah
selalu bahwa: ‘teamwork makes the dream work’.
IMPLIKASI MANAJERIAL
Implikasi menurut kamus besar Bahasa Indonesia berarti
sebab oleh sebab itu implikasi manajerial di bidang team atau kelompok
mengakibatkan banyaknya keuntungan yaitu kegiatan kelompok yang dapat lebih
direncakan karena ada proses management team. Untuk meningkatkan efektifitas
teamwork dalam sebuah perusahaan diperlukan teamwork yanng baik antar staff
bagian da divisi dalam perusahaannya tersebut, agar perusahaan dapat
beerkembang dan maju lebih cepat
· Artikel ini diharapkan dapat memberikan berbagai
manfaat bagi pihak-pihak yang terkait, antara lain :
Artikel
ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dan evaluasi
mengenai kerjasama dalam team (kelompok) atau team work.
· Identifikasi
mengenai berbagai permasalahan/kendala yang dihadapi dalam kerjasama dalam team
(kelompok) atau team work.
· Untuk dapat mengatasi kendala dalam kerjasama dalam team (kelompok) atau teamwork.
· Untuk dapat mengatasi kendala dalam kerjasama dalam team (kelompok) atau teamwork.
Referensi :
Link Presentasi Power Point :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar